Rabu, 11 Mei 2011

Deli Serdang Juara I Pelayanan Publik se Sumut * Partisipasi Masyarakat Untuk Pembangunan Jalan Capai Rp 215 Miliar Lebih

>> M.Sahrum
Deli Serdang, SBN--Pemkab Deli Serdang di bawah duet kepemimpinan Drs H Amri Tambunan-Zainuddin Mars berhasil meraih juara I penilaian kinerja pelayanan publik dalam rangka pelaksanaan kompetisi antar daerah di lingkungan provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan keptusuan Gubernur Sumatera Utara No 188.44/522/KPTS/2011 tertanggal 26 April 2011 Kabupaten Deli Serdang meraih nilai tertinggi 1.604 disusul Kabupaten Pakpak Barat dengan nilai 1.558, Batu Bara dengan nilai 1.533 dan Kabupaten Dairi 1.508.
Asisten II Setdakab Deli Serdang Drs Agus Ginting Msi didampingi Kadis Infokom Drs Neken Ketaren yang ditanyai wartawan membenarkan keputusan Gubernur Sumut yang menetapkan Deli Serdang sebagai peringkat pertama atas penilaian kinerja pelayanan publik dalam rangka kompetisi antar daerah di lingkungan provinsi Sumatera Utara.
Disebutkannya, dalam penilaian kinerja pelayanan publik antar pemerintah kabupaten dan kota ada beberapa indikator yang menjadi sentral penilaian diantaranya pelayanan peningkatan partisipasi masyarakat, kebijakan deregulasi dan debirokratisasi pelayanan publik, kebijakan dalam mendorong ekonomi daerah serta ketersediaan sarana dan prasarana phisik pelayanan publik seperti jalan, pendidikan, kesehatan serta irigasi.
Sesuai keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), pelayanan publik dikelompokkan pada pelayananan jasa yang mencakup sektor kesehatan, pendidikan dan infra struktur. Kelompok pelayanan administrasi berupa perijinan serta kelompok barang yang meliputi telepon, listrik begitu juga air bersih.
Menurut Asisten II Setdakab Deli Serdang dari beberapa indikator penilaian seperti ketersediaan sarana dan prasarana phisik pelayanan publik seperti jalan, pendidikan, kesehatan begitu juga irigasi dan kebijakan peningkatan partisipasi masyarakat di Deli Serdang cukup tinggi. Melalui beberapa inovasi yang dilakukan seperti konsep ”Cerdas” untuk sektor pendidikan, ”Ceria” untuk sektor kesehatan dan GDSM untuk sektor infra struktur, partisipasi masyarakat dan dukungan sektor swasta berhasil mendongkrak percepatan pembangunan.
Sementara itu, Kadis PU Bina Marga Ir Faisal yang ditanya wartawan disele-sela kunjungan kerja Bupati Drs H Amri Tambunan pada peresmian kantor Kepala Desa Purwodadi dan pencanangan ”Bedah Rumah” di Kecamatan Sunggal membenarkan partisipasi masyarakat mendukung pembangunan di Deli Serdang cukup tinggi.
Dikatakannya, melalui Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) percepatan pembangunan infra struktut jalan cukup mem banggakan. Kaslau sebelum GDSM panjang jalan kabupaten hanya 1.317 Km namun berkat partisipasi masyarakat kini telah terbuka ruas-ruas jalan kabupaten yang baru hingga panjanganya mencapai 3.272 Km.
Berhasilnya pembukaan jalan-jalan baru, karena tingginya partisipasi masyarakat yang dengan kerelaan hatinya memberikan sebahagian lahannya untuk pembukaan ruas jalan. Berdasarkan rekapitulasi PU Bina Marga, seluas 6 juta M2 lebih lahan masyarakat diberikan dengan cuma-cuma untuk pembangunan jalan.
Menurut Ir Faisal bila dinominalkan luas lahan yang diserahkan masyarakat untuk pembangunan jalan sesuai dengan NJOP-nya, partisipasi masyarakat khusus untuk infra struktur jalan mencapai Rp 215 miliar lebih.
Hal yang sama juga dilakukan pada sektor kesehatan dan pendidikan, dimana Pemkab Deli Serdang melalui tiga pilar pembangunan (pemerintah, partisipasi masyarakat dan dukungan sektor swasta) berhasil merehabilitasi ratusan gedung sekolah yang tidak layak pakai menjadi gedung sekolah yang layak menjadi tempat anak-anak bangsa menuntut ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar