Rabu, 11 Mei 2011

Kepala UPTB P4K Kec. Barteng, Palas Lakukan Tindakan Cepat Basmi Ulat Daun

>> Uba Nauli Hsb/CH
Padang Lawas, SBN---Belum lama ini, masih melekat di ingatan kita bahwa Pulau Jawa, seperti di Jawa Timur, Jakarta dan Kota Medan di Sumatera Utara masyarakat dihebohkan dengan Cobaan ULAT BULU yang membuat warga menjadi resah untuk memusnakan ULAT BULU, namun baru-baru ini di Bulan April 2011 lalu Petani Sawah di Wilayah WKPP Kecamatan Barumun Tengah, Kab. Padanglawas Syahruddin Harahap, SP. Selaku Kepala UPTB P4K bersama Petugas melakukan Penyemprotan untuk membasmi Ulat Daun yang telah merusak Tanaman Padi di Desa Ujung Padang, dan Desa lain. Penyemprotan dilakukan dengan Inteksida Sidatan, Ripcor dan Scut.
Sementara hingga berita ini diturunkan areal Sawah di Desa Ujung Padang yang diserang oleh Ulat Daun tersebut berkisar 15 Hektar dari hamparan 50 Hektar. Artinya 35 hektar lagi terancam akan diserang Ulat Daun, Demikian tutur Syahruddin Harahap, SP. Kepala UPTB P4K pada SBN di ruang Kerjanya.
Lebih lanjut dikatakan bahwa Areal Sawah di Sibulung Bira Ulat Daun telah menyerang Sawah warga sekitar 1,5 Hektar dari luas areal sawah sekitar 85 Hektar. Desa Siboris Dolok 10 Ha dari 37 Ha terkena serangan Ulat Daun, selain itu Desa Binanga sekitar 5 Hektar diserang Ulat Daun dari 45 Ha. Di Desa Sibatu Loting terserang sekitar 1 Hektar. Jumlah Areal Persawahan di Wilayah UPTB P4K Barumun Tengah seluas kurang lebih 3831 Ha, namun yang 2 x panen seluas 275 Ha, sementara sawah yang 1 x panen dalam setahun seluas 3140 Ha, sisanya sekitar 416 Ha tidak bias ditanami sawah, disebabkan karena Curah Hujan yang Kurang.
Penyemprotan dilakukan sebagai tindakan untuk penyelamatan Padi sawah Masyarakat, agar nantinya Beban Hidup Petani paling tidak tidak gagal panen secara total, kalau masalah rugi, Petani sudah rugi akibat Serangan Ulat Daun ini, kita ber usaha Sawah yang kondisi airnya banyak, kita upayakan pencegahan terhadap serangan Ulat Daun, agar Sawah disekitarnya tidak diserang dengan cepat, karena sifat Ulat Daun ini, jika Kondisi Air di sawah banyak, maka Ulat Daun agak sulit untuk melakukan serangan terhadap Daun Padi dan batangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar