Rabu, 20 April 2011

Bupati Karawang Sampaikan LKPJ Tahun 2010

>> Sariyalamuna/Dadang Suntara
Karawang, SBN---Meskipun baru dilantik pada tanggal 27 Desember 2010, Bupati Karawang, H. Ade Swara menyampaikan nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Karawang Tahun Anggaran 2010 yang disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Kab. Karawang, Jumat (8/4). Hal ini merupakan amanat PP No. 3 Tahun 2007, dimana sisa waktu penyelenggaraan pemerintah daerah yang belum dilaporkan dalam LKPJ oleh kepala daerah yang berakhir masa jabatannya, dilaporkan oleh kepala daerah terpilih.
Dalam LKPJ tersebut Bupati Ade Swara menjelaskan, Pendapatan Daerah Tahun 2010 berhasil direalisasikan melebihi target, yaitu sebesar Rp. 1,599 trilyun atau mencapai 104,58 persen. Pencapaian tersebut disumbang dari komponen pendukungnya antara lain, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp. 186, 94 milyar (107,15 %), Dana Perimbangan Rp. 1,121 trilyun (105,37 %), dan Lain-lain Pendapatan Yang Syah Rp. 291,43 milyar (100,14 %).
Sedangkan untuk Belanja Daerah, lanjut Bupati, terdapat efisiensi dalam pengunaan anggaran yang direalisasikan sebesar Rp. 1,548 trilyun atau 87,84 persen. Hal ini terjadi akibat adanya efisiensi dalam komponen Belanja Tidak Langsung yaitu Rp. 1,016 trilyun (92,38 %), dan Belanja Langsung Rp. 532,20 milyar ( 80,3 %). Sementara Penerimaan Pembiayaan Daerah direalisasikan sebesar Rp. 246,88 milyar (99,59 %), dan Pengeluaran Pembiayaan Rp. 13,54 milyar (98,49 %).
Bupati melanjutkan, pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dicapai oleh Kab. Karawang pada tahun 2010 adalah sebesar 70,11. Capaian kerja tersebut dijabarkan dalam 4 sektor prioritas pembangunan, yaitu Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, dan Infrastruktur Wilayah.
Bupati menjelaskan, Kebijakan pendidikan dilaksanakan dengan 3 pilar kebijakan pendidikan nasional yaitu (1). Pemerataan dan perluasan akses; (2). Peningkatan mutu relevansi dan daya saing; serta (3). Tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik. Kebijakan – kebijakan di bidang pendidikan tersebut telah menunjukkan hasil yang cukup positif bagi pertumbuhan IPM. Hal ini terlihat dalam indikator bidang pendidikan yang mengalami kenaikan, antara lain Angka Melek Huruf (AMH) meningkat menjadi 93,15 persen, dan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) sebesar 7,11 tahun.
Untuk kebijakan Kesehatan Masyarakat, fokus pembangunan diarahkan pada upaya : (1). Peningkatan derajat kesehatan masyarakat, serta (2). Terkendalinya pertumbuhan penduduk dan meningkatnya keluarga kecil berkualitas. “Kebijakan-kebijakan tersebut telah menunjukkan hasil positif, yang antara lain terlihat dari capaian Angka Harapan Hidup pada tahun 2010 sebesar 66,85 tahun,” jelasnya.
Sedangkan pada sektor Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, keberhasilan kebijakan dapat terlihat dari Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) yang cukup stabil, yaitu sebesar 5,82 poin, peningkatan PDRB per kapita atas dasar harga berlaku secara signifikan, yaitu sebesar Rp 25,187 juta, peningkatan PDRB perkapita atas dasar harga konstan, yaitu sebesar Rp. 9,582 juta, dan kemampuan daya beli masyarakat yang didekati dengan kebutuhan standar minimal untuk dapat hidup layak (Purchasing Power Parity-PPP) mengalami peningkatan ,yaitu sebesar Rp. 631.200 per kapita.
Bupati menambahkan, beberapa kendala yang dihadapi pada tahun 2010, tidak lepas dari perubahan lingkungan strategis yang terjadi di luar asumsi dan kendali kebijakan pemerintahan daerah, yang antara lain timbul dari penyesuaian agenda dan kebijakan nasional. “Hal tersebut berpengaruh terhadap tingkat pencapaian hasil-hasil pembangunan daerah,”. tambahnya
Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, Bupati Ade Swara juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas sikap saling pengertian, kerjasama dan dukungan dari DPRD, dalam menyikapi berbagai perubahan strategis dan kondisi permasalahan yang terjadi sepanjang tahun 2010. “Saya berharap bahwa kerjasama yang telah terjalin secara harmonis selama ini dapat terus berlanjut, sehingga dalam pelaksanaan masa jabatan saya selama 5 (lima) tahun ke depan, dapat memenuhi semua keinginan masyarakat kabupaten karawang sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar