Rabu, 20 April 2011

Peserta UN SMA Neg 1, Tercacat 205 Siswa

>> Andi A.Yusuf
Mamuju, SBN---Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2010/2011 untuk Sekolah Menengah Atas yang akan berlangsung secara serentak pada tanggal 18 April 2011. Di SMA Negeri 1 Mamuju , tercatat peserta UN mencapai angka 205 siswa.
Kepala SMA Neg 1 Mamuju Drs Muh Asrul kepada media ini mengatakan, jumlah peserta sebanyak 205 orang itu terdiri atas dua jurusan yaitu jurusan IPA dan IPS. Kalau Jurusan IPA tercatat peserta UN 105 orang dan jurusan IPS sebanyak 200 orang. Dibanding tahun ajaran 2009/2010, jumlah peserta sebanyak tigaratusan lebih, ujar Muh Asrul.
Diharapkan angka kelulusan bagi peserta UN untuk tahun ajaran ini ,nantinya seratus persen, seperti pada tahun lalu yang juga lulus seratus persen.walau kita akui, bahwa untuk tahun ajaran ini, tidak ada lagi istilah ujian ulangan, tetapi yang ada adalah ujian susulan, itu pun ujian susulan yang akan mengikuti adalah apabila peserta UN, tidak ikut karena kesehatannya terganggu, dll.
Untuk menghadapi UN, pihak sekolah telah mengantisipasi sebelumnya dengan cara mengadakan les tambahan pada sore hari dan try out serta pemantapan mata pelajaran yang akan diikutkan pada UN nanti.
SMA Neg 1 Mamuju yang terbilang populer dibanding level SMA yang ada di Mamuju ini, karena selain menjaga mutu pendidikan juga karena sekolah ini kian tahun meningkat pada setiap penerimaan siswa. SMA Neg 1, sampai sekarang jumlah siswanya dari kelas satu hingga tiga sebanyak 792 orang dengan tenaga pengajar 68 orang sudah termasuk tenaga tata usaha. Dengan ruang belajar 24 unit, di luar ruangan laboratorium bahasa, dan computer serta ruang bahasa.
Muh Asrul menambahkan agar pihak Pemda atau Pemprov, membantu dalam pembiayaan renovasi gedung, karena sekolah yang dipimpinnya ini termasuk sekolah yang lama, apalagi diakuinya sekolah ini termasuk sekolah favorit, ujar Muh Asrul . Ia pun selalu berusaha agar sekolah ini tetap menjaga mutu pendidikannnya dengan cara menggenjot tenaga pengajarnya agar bagaimana meningkatkan mutu pendidikan dengan jalan mengikuti berbagai diklat-diklat.
Kabid Dikmenti Diknas Sulbar Drs M Yusuf Djahidin, M.Pd ketika dikonfirmasi tentang proses UN, ia dengan tegas menjawab bahwa pada tahun ajaran ini, memang diakui tidak ada lagi istilah ujian ulangan. Sesuai Peraturan Mendiknas No 45 dan No 46 Tahun 2010, bahwa ujian ulangan bagi peserta UN, tidak diberlakukan lagi. Tetapi penilaian angka kelulususan satu mata pelajaran, semata-mata bukan lagi ditentukan hasil UN, tetapi juga yang dinilai adalah hasil ujian semester atau ujian ulangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar