Rabu, 20 April 2011

PT. Sorik Mas Mining Adakan Pertemuan dengan Masyarakat Huta Godang Muda dan Desa Tanjung Sialang

>>HH
Madina, SBN---Rabu (6/04) PT. Sorik Mas Mining mengadakan pertemuan dengan masyarakat Desa Huta Godang Muda dan Desa Tanjung Sialang Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal yang bertempat di gedung sekolah SD Negeri Huta Godang Muda.
Sedangkan dalam acara tersebut turut hadir: Camat Siabu Drs Muklis Lubis Msi, Kapolsek Siabu AKP Syahril Daulay dan anggota, Danramil 12 Siabu yang diwakili anggota, Utusan PT.SMM Eric Cs, Kepala Desa kedua desa yang bersangkutan dan masyarakat diperkirakan ± 1000 orang.
Sesuai dengan keterangan salah satu panitia acara dimaksud mengatakan kepada wartawan bahwa diadakannya acara ini memang beberapa waktu lalu masyarakat Desa ini telah menanyakan surat pernyataan sikap atas datangnya PT.SMM diwilayah Desa merekan yang jelas kedua Desa ini tidak keberatan atas hadirnya PT.SMM yang bergerak dibidang pertambangan emas asal saja PT tersebut memenuhi persyaratan yang diputuskan kedua desa itu antara lain: 1. Penyediaan lahan siap panen 2 Ha/KK dengan sertifikatnya. 2. Bea siswa dengan perincian : a. Tingkat SMP Rp 500,000,- /bulan sesuai jumlah murid. b. Tingkat SLTA Rp 1,000,000,- /bulan. c. Tingkat S1 Rp 2,500,000,- /bulan /mahasiswa. d. Tingkat S2 Rp 5,000,000,- /bulan /mahasiswa. 3. Jalan pertanian, jalan Desa. 4. Pembuatan jembatan gantung. 5. KUR tetap Rp 500,000,000,-. 6. Biaya perobatan sesuai tagihan. 7. Biaya pembinaan Desa Rp 500,000,000,- /triwulan
Sedangkan surat pernyataan sikap kedua Desa ini ditayangkan PT.SMM tanggal 27 Peb 2011 yang bernomor: 05/As Masy/HG/TJ/11/2011 yang ditanda tangani oleh : Kades Huta Godang Muda Zuklarnaen SH dan Kades Tanjung Sialang Ali Busro dan ketua BPD kedua Desa yang bersangkutan. Sedangkan surat pernyataan sikap mereka ditembusannya disampaikan kepada, Bupati Madina, Dishut Madina, Pertambangan Energi, Bapedalda, Kapolres Madina, Camat Siabu.
Ketua panitia acara pertemuan Ali Busro batubara lebih awal telah merencanakan pertemuan ini supaya berjalan aman dan dapat membuahkan hasil positif sementara dalam pembukaan acara dipercayakan kepada Kapolsek Siabu AKP Syahril Daulay mengatakan memang sudah pernah tertunda, mungkin saja akibat kesibukan PT.SMM jadi untuk itu diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat mendengarkan dan terlebih nantinya dalam soal jawab agar kita tertib dan aman sesuai rencana . Selanjutnya Camat Siabu Drs muklis Lubis MSi mengatakan bahwa usulan Desa beberapa waktu lalu untuk itu marilah kita dengan bersama tentang jawaban usulan Desa kepada PT.SMM yang jelas sesuai dengan pernyataan masyarakat bahwa kehadiran PT.SMM di kedua Desa ini tidak keberatan asal saja memenuhi permintaan masyarakat dipenuhi untuk itu mari kita semua dengar dan laksanakan acara ini dengan damai kata Camat Siabu dengan serius.
Salah satu wakil dari PT.SMM dalam menyampaikan jawaban permintaan masyarakat kedua desa kepada PT.SMM terlebih dulu mintak maaf atas kesalahan selama ini dimana kurangnya sosialisasi PT.SMM kepada masyarakat dan sesuai dengan permohonan masyarakat yang telah diajukan dan PT.SMM memang pada saat ini yang disiapkan PT.SMM baru tahap lapangan kerja yang terdiri dari 12 Desa yang terdekat dengan PT.SMM dan pada bulan Oktober 2011 nanti akan memberikan bantuan antara lain untuk : mesjid, jalan, bahan makanan, anak berprestasi beasiswa, jalan pertanian, jembatan gantung selanjutnya pembinaan Desa ditanggapi PT.SMM dan diantara poin permintaan masyarakat beberapa poin tidak belum terlayani salah satu diantaranya: penyediaan lahan 2 Ha/KK.
Sesuai dengan soal jawab antara PT.SMM dengan masyarakat pemantauan wartawan koran ini belum ada kesepakatan positif dan menurut informasi dari salah seorang Desa Huta Godang Muda bahwa malam sesudah acara tersebut dilaksanakan masyarakat ke 12 Desa tersebut akan musyawarah lagi bagaimana baiknya dalam hal permintaan masyarakat kepada PT.SMM yang beroperasi diwilayah Desa mereka tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar