Rabu, 20 April 2011

Pemkab Karawang Siap Dukung RKPD Prov Jawa Barat Tahun 2012

>> Sariyalamuna/DadangSuntara
Karawang, SBN---Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang siap mendukung dan mensukseskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2012. Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Cellica Nurrachadiana usai mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat Tahun 2011, di Bandung, Rabu (6/4).
Selain itu, lanjut Wakil Bupati, Pemkab Karawang pun akan berupaya maksimal guna mencapai 8 (delapan) target Millenium Development Goals (MDGs) yang telah ditetapkan pemerintah pusat, yang antara lain adalah penghapusan kemiskinan, pendidikan untuk semua, persamaan gender, penurunan angka kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, perlawanan terhadap penyakit, pelestarian lingkungan hidup, serta kerjasama global.
Wakil Bupati melanjutkan, sesuai dengan kesepakatan antara Gubernur dan Bupati/Walikota, RKPD Prov. Jawa Barat juga mencantumkan 20 kegiatan tematik kewilayahan yang terbagi dalam 4 wilayah koordinasi pemerintahan dan pembangunan (WKPP) Jawa Barat, yaitu WKPP I Bogor, WKPP II Purwakarta, WKPP III Cirebon, dan WKPP IV Priangan. “Kab. Karawang sendiri termasuk dalam WKPP II Purwakarta bersama dengan Kab. Purwakarta, Kab. Subang, Kab. Bekasi, dan Kota Bekasi.
Wakil Bupati menambahkan, program prioritas pembagunan yang diselenggarakan di wilayah WKPP II Purwakarta antara lain meliputi pengembangan kawasan ekonomi khusus industri Karawang – Bekasi, pengembangan kawasan industri manufaktur, pengembangan industri perberasan, pengembangan perikanan budidaya ikan air tawar, air payau, dan hutan mangrove, serta pengembangan wisata sejarah dan ziarah (pilgrimage).
Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat menjelaskan bahwa prioritas pembangunan Prov. Jawa Barat Tahun 2012 merupakan tindak lanjut dan implementasi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2008-2013. “Untuk merespon isu dan problem pembangunan tahun 2012, Pemprov Jawa Barat telah menyusun rencana program dan kegiatan yang dikelompokkan ke dalam kegiatan tematik dan kegiatan non tematik,” jelasnya.
Gubernur menambahkan, rencana kerja kegiatan tematik terdiri dari kegiatan tematik sektoral dan kegiatan tematik kewilayahan. Kegiatan tematik sektoral meliputi 10 (sepuluh) common goals dengan total 40 kegiatan sektoral. “Sedangkan kegiatan tematik kewilayahan memiliki total 20 kegiatan, yang bercirikan potensi unggulan dan tantangan pembangunan yang mengemuka di masing-masing WKPP, sebagai wujud optimalisasi kegiatan sektoral di wilayah tersebut,” imbuhnya.
Sementara itu, dalam rapat yang berlangsung di Convention Hall Hotel Horison, jl. Pelajar – Pejuang 45, Kota Bandung tersebut, Wakil Bupati Cellica Nurrachadiana turut didampingi oleh sejumlah pejabat daerah. Salah satu yang terlihat mendampingi adalah Sekretaris Daerah Kab. Karawang Iman Sumantri, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Karawang, Teddy Rusfendi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar